Pelajaran Hidup


Berbincang tentang pelajaran hidup. Semua itu merupakan pengalaman, atau sebuah makna yang biasa kita dapat selama kita hidup di dunia ini. Pelajaran hidup bisa datang dari mana saja. Mulai dari keluarga, teman, sahabat, cinta, tak jarang juga musuh. Pelajaran hidup bisa datang dari mana saja, dan kapan saja. Tergantung pada diri kita sendiri menyadari atau engga pelajaran hidup tersebut.

Kebanyakan orang ga menyadari kalo dia udah mendapatkan pelajaran hidup yang begitu banyak dan beragam. Ketidak-sadaran itu biasanya timbul karna mereka terlalu sibuk memikirkan sisi negative dari segala kejadian selama hidupnya. Contoh kecil dan sering terjadi adalah masalah cinta. Halaah… nyangkut kesini juga kan akhirnya.

Cinta itu mempunyai definisi yang sangat luas. Tergantung dari sisi mana kita melihat atau merasakan getaran getaran cinta. Cailaah.. serius. Cinta bisa terasa begitu maniis kalo kita menemukan titik bahagia bersama orang yang tepat. Tapi cinta juga bisa sangat terasa menyakitkan bahkan membunuh kalo kita udah ketemu sama yang namanya ketidak-cocokan, atau pengkhianatan, atau segala macam bentuk penyimpangan dari suatu hubungan. Well, ga sedikit kasus-kasus aneh yang menyangkut masalah cinta ini kan?

Kembali ke topic. Jadi apa hubungannya pelajaran hidup sama cinta, non penulis?

Gampang aja sih. Sebenernya, menurut gue itu cinta udah bisa memberi banyak pelajaran hidup di dalam sejarah kehidupan kita. Walaupun kedengaran muluk, tapi gue akui kalo kita itu hidup dengan cinta. Tapi, bukan berarti lu makan cinta, mandi cinta, atau tidur cinta. Mati lu yang ada. Haha.. serius. Pengelaman hidup yang kita dapat dari cinta seringkali ga di sadari. Ya, kembali lagi ke tadi yang gue bilang, kita terlalu sibuk mikirin sisi negative aja. Contoh kecil deh. Waktu lu kecil, -lu pasti pernah kecil kan?- lu pasti punya banyak keinginan dan permintaan. Tapi sayangnya, ga semua keinginan atau permintaan lu dikabulin sama orang tua lu, kan? Dari hal itu yang biasa ada di pikiran bocah-bocah adalah, “ah, mama pelit.” Atau, “mama udah ga sayang lagi sama aku.” –muluk banget ye- haha.. serius. Padahal kalo kita liat dari sisi yang lain, kita dapet mengambil suatu pelajaran hidup yang, uuh, berguna banget.
Kenapa orang tua ga ngabulin semua keinginan dan kemauan para anaknya?

Bukan karna ga cinta. Bukan karna ga sayang. Mungkin mereka lagi ga punya uang. Tapi yang pasti, mereka pengen mengajarkan ke anak-anaknya tentang arti “menghargai”. Ga ngerti? Begini loh para pembaca yang bijak, gue mulai berlagak kayak penulis ulung aja, kita harus bisa menghargai segala macam hal. Dalam hal ini kita harus bisa menghargai uang, dan maenan lu yang masih banyak layak untuk diajak bermain. Mungkin lu bosan dengan mainan-mainan lama lu. Tapi pernah ga lu bayangin, atau sekedar terlintas gitu di benak lu? Banyak ye, anak di luar pager rumah lu yang ga bisa punya mainan layak kayak lu. Di saat lu bermain adem di dalam rumah dengan mobil balap lu yang bagus, ratusan anak seumuran lu malah ngorek-ngorek tong sampah demi mengumpulkan botol ataupun barang-barang bekas. Di saat lu meraung menangis-nangis minta dibeliin mainan baru yang lebih canggih dan bagus, ribuan bocah diluar sana yang tersenyum senang kalo nemuin mainan rusak, kotor, bekas, yang mungkin itu adalah bekas mainan lu. Atau pas lu kabur-kaburan ga mau makan karna lu ga suka makanan yang dikasih ibu lu, padahal kalo lu tau nih ye, jutaan anak-anak menggigil berselimutkan Koran kelaparan. Ga sedikit dari mereka yang mati dipinggir jalan.

Pernah ga kepikiran begitu?

Itu cuma secuil kecil contoh ya yang ada di sekeliling kita. Sebenarnya masih banyak, dan beragam. Tapi kembali lagi ke diri kitanya. Bagaimana kita menyadari dan memahami pelajaran hidup yang kita dapat.

Yang perlu kita lakuin cuman buka mata dan telinga lebar-lebar. Perluas cara berfikir lu. Jangan liat suatu masalah dari satu sisi aja. Karna lu ga tau apa yang bakal lu dapat kalo lu melihat dari sisi lain.

Sekian.

10.18 p.m
28 mei 2012

Komentar