emosional

seseorang pasti mempunyai berbagai macam emosional didalam dirinya. kita, sebagai -hmm.. apa ya orang-orang menyebutnya?- ah! teman. atau sahabat, atau apa pun itu yang mempunyai hubungan dengar orang lain, pasti merasa sangat ingin membantu kala teman, atau sahabat, atau apa pun itu yang mempunyai hubungan dengar orang lain, merasakan seseuatu yang tidak mengenakkan. yang dapat membuatnya sedih, marah, kecewa, atau sifat-sifat negatif lainnya.


jadi, apa yang biasa kalian lakukan kalo seseorang yang anda kenal sedang bersedih, kecewa, marah, atau apapun itu jenisnya?
hehe.. hanya pertanyaan simpel.



1. jika menghadapi orang yang sedang sedih.
banyak sekali orang terdiam sejenak kala melihat seseorang terlihat sedih. atau langsung bergerak cepat tanpa berfikir apa-apa, lalu menanyakan "kenapa?" pada orang tersebut. sering banget kan? (dah pasti iya jawabannya.)
dan jika rayuan atau gombalan anda berhasil untuk membuat seseorang itu bercerita, di akhir cerita, biasanya orang "awam" akan terenyuh sambil berfikir "musti ngapain ya gue?"
kadang, kata-kata yang terlontar berupa "yaudah, jangan sedih ya."
whats?! jangan sedih? disaat itu anda secara tidak langsung menyuruh mereka untuk ga mengeluarkan apa yang membuat mereka merasa sedih. melarang mereka melalukan sesuatu yang bisa -setidaknya- membuat mereka lega.
trus apa yang harus anda lakukan?
kalian bisa membantu agar mereka merasa ga sendiri. cobalah jadi pundak untuk dia bersandar sebentar dari masalah yang mereka hadapi. atau menjadi dada yang siap menampung semua isak tangis mereka, agar mereka menyadari adanya orang lain disekitar mereka. biarkan mereka mengeluarkan semua kesedihan yang mereka pendam. buat mereka memuntahkan semuanya. dan jangan sekali-kali anda melarang mereka untuk bersedih. karena anda tidak akan tau hasil dari yang anda katakan.





2. menghadapi orang yang marah
ngeri juga ye kalo ketemu orang yang lagi marah-marah. salah-salah kita bisa digraong langsung. hahaha *graong? sori bahasa planet.
tapi ga dipungkiri menghadapi orang marah tuh gampang-gampang-susah. gampangnya bisa bikin mereka tambah kesel, susahnya bikin mereka reda. haha jadi harus ngapain dong?
intinya ikutin dulu alurnya "si-orang-yang-lagi-marah-itu" (selanjutnya akan kita sebut dengan "SOYLMI") *terdengar sangat aneh sepertinya*
kalo emang "SOYLMI" pengennya marah-marah, yowes lah. mau-gak-mau kita jadi sasaran empuk segala cercaan, caci-maki, hina-dina, atau bahkan beberapa sentuhan halus nan panas dari tangan "SOYLMI" *baca: tindakan kekerasan dalam curhat*
trus ngapain lagi?
biarin dia puas ngeluarin semua kemarahannya. biarin dia lega. trus, kasih deh dia solusi yang menurut anda pas untuk dia. yaa, walau mungkin "SOYLMI" -ini mungkin ya- ga terima solusi yang anda kasih, tapi dilain waktu, dia pasti akan menimbang-nimbang saran yang pernah anda kasih. hehe

~~

OKE LAH!
cukup sudah rasa sok-tau-an gue tentang mengatasih beberapa emosi. hehe iya iya tau cuma 2 doang. haha
intinya sih, biarin mereka ber-emosional ria. toh itu kan emang anugrah yang diberi sama Tuhan. sebagai manusia, kita berhak untuk menggunakan semua emosional itu kan. hehe tapi tau waktu dan tempat juga ya.
dan satu pertanyaan lagi.
kenapa gue nulis yang kayak begini?
gatau juga deh. pengen aja kali ngposting macam ini. hahaha
oke. time to sleep.
bye blog~

Komentar